Perhatikan Resource Cpanel Apabila Website Sering Bermasalah Saat diakses

Saat website sering bermasalah ketika diakses, salah satu hal yang perlu dicek ada CPU dan memory pada cpanel hosting Anda.

Pada umumnya ketika grafik melebihi diatas 90% penggunaan kemungkinan besar website sering terjadi masalah seperti tampil pesan error limited memori, bisa juga pesan 503 error server, dan sebagainya. Cukup banyak faktor yang menyebabkan hal itu terjadi, salah satunya bisa juga dikarenakan karena plugin pada website Anda memerlukan resource yang cukup besar saat melakukan suatu proses.

Berikut ini cara pengecekkannya:

  1. Setelah berhasil login klik gambar yang ditandai dibawah ini Metrics -> CPU and Concurrent Connection Usagecek cpu memory cpanel
  2. Klik Details

    cek cpu memory cpanel

  3. Tunggu beberapa saat

    cek cpu memory cpanel

  4. Berikut hasilnya

    cek cpu memory cpanel

Gambar diatas menunjukkan proses pada server masih dalam keadaan normal. Untuk website standar penggunaannya namun memerlukan beberapa plugin disaran menggunakan cpanel dengan kapasitas 1GB agar proses pengeksekuian website berjalan cukup normal.

Namun jika website Anda memiliki traffic yang tinggi maka tidak disarankan lagi menggunakan share hosting, Anda perlu memindahkannya ke tempat yang lebih baik. Bisa menggunakan VPS (Virtual Private Server) atau dedicated server.

Terima kasih dan semoga bermanfaat !