Cara mengatur hak akses user pada WordPress

Pada pengelolaan website yang menggunakan WordPress jika terdapat beberapa user yang akan mengelolas isi atau konten website maka diperlukan pengaturan hak akses dalam pengelolaannya. Yang umum dikenal dengan istilan Manajemen Akses User (User Management Access).

Nantinya user-user ini dapat menggunakan CMS (Content Management System) secara bersama namun sesuai dengan kapasitas fungsinya, maka dari itu diperlukan pengaturan akses user.

akses user wordpress

Pada WordPress terdapat beberapa pilihan hak akses untuk user untuk mengelola konten website agar dapat mengentri konten sesuai perannya. Pada wordpress umumnya pembagian hak akses pengguna ada menjadi 5 level , yaitu ada Administrator, Editor, Author, Contributor, dan Subscriber. Dan dari ke 5 level user tersebut masing-masing mempunyai hak akses yang berbeda-beda dalam penggunaannya.

Tampilan diatas akan tampil jika klik pada menu User -> Add New.

Penjelasan masing-masing dari peran para pengguna diatas silakan dibaca penjelasan keterangan dibawah ini :

  • Administrator
    Administrator pada umumnya merupakan pemilik website, yaitu adalah user lever user tertinggi yang mampu yang memiliki full akses atas website tersebut. Namun seorang admin dapat juga memberi akses yang penuh juga untuk user lain sebagai administrator.
  • Editor (Penyunting)
    Editor adalah pengguna yang hanya memiliki hak akses untuk Post dan Page, yaitu menambah, merubah dan mengatur dan menghapusnya. Selain itu editor dapat memiliki peran menjadi moderator atas komentar pada website atau blog dan peran editor mempunyai peran untuk mengedit Post dan Page yang dibuat oleh user lainnya.
  • Author (Penulis)
    Seorang Author atau penulis dapat melakukan upload file menggunakan Media Library dan dapat memposting via Post yang telah dibuatnya sendiri.
  • Contributor (Kontributor)
    Contributor adalah pengguna yang hanya mempunyai peran melakukan Post artikel namun tidak memiliki akses untuk mempublikasikan hasil posting artikel yang telah diabuatnya. Untuk pemilik website jika ingin memberi akses penulis lain berkonstribusi diwebsite atau diblog Anda sendiri bisa menggunakan pilihan akses user ini yang nantinya setelah selesai diposting barulah dapat diaudit, direvisi dan dipublish oleh user yang memiliki akses user diatas kontributor, seperti level Author dan Administrator.
  • Subscriber (Pelanggan/ Pembaca)
    Subscriber adalah user yang pada level ini hanya memiliki izin hak akses sebagai pembaca dan penulis komentar saja.

Wordpress Akses User

Demikian informasi artikel tentang Cara mengatur hak akses user pada WordPress, semoga bermanfaat.

Terima kasih.

About Admin

error: Content is protected !!