Jual Katsuobushi Murah, “Umami” Rasa Yang Ke 5

Jual katsuobushi Murah – Katsuobushi, serpihan ikan yang sudah mengalami proses fermentasi kemudian ditaruh di atas okonomiyaki yang merupakan salah satu makanan khas jepang selain takoyaki. Katsuobushi yang sudah difermentasi dan dibuat menjadi serpihan ditaruh di atas okonomiyaki ketika selesai dimasak. Ketika katsuobushi ditaruh di atas okonomiyaki yang masi panas, kita akan melihat sesuatu yang menakjubakan. Bagaimana benda mati seperti okonomiyaki ini bisa bergerak-gerak di atas okonomiyaki yang akan dihidangkan?

jual katsuobushi murah

Sesuatu seperti katsuobushi telah ada sejak abad kedelapan, dengan bukti pertama tentang kematian akibat asap pada akhir 1600-an dan proses fermentasi memasuki gambar sekitar satu abad kemudian. Berbagai legenda menceritakan tentang beberapa jiwa pemberani yang menemukan beberapa katsuobushi yang sudah mengering karena terkena asap, akhirnya memutuskan untuk memakannya, dan mendapati bahwa itu menjadi lebih lezat lagi, padalah pada permukaan ikan tersebut terdapat banyak sekali jamur.

Jual Katsuobushi Murah – Manfaat Jamur Untuk katsuobushi

Tapi kenapa? Di kulkas saya, jamur membuat makanan menjadi lebih buruk, tidak lebih baik. Apa yang sedang terjadi? Berikut adalah beberapa manfaat jamur didalam proses pembuatan katsuobushi, menurut Yayasan Tokyo:

  • Jamur mengkonsumsi kelembaban dalam daging untuk mempertahankan dirinya sendiri, sehingga mempercepat pengeringan.
  • Jamur memiliki kemampuan untuk menguraikan lemak, membersihkan daging dari lemak dan baunya dan mengubah lemak menjadi asam lemak terlarut. Prosesnya juga menghilangkan rasa, meningkatkan rasa dan aroma.
  • Jamur memecah protein menjadi asam amino dan senyawa nitrogen lainnya, yang juga meningkatkan rasa (umami).
  • Lapisan jamur mencegah mikroorganisme lainnya.
  • Jamur memecah lemak netral dan meningkatkan asam lemak bebas, menghasilkan sup yang lezat saat serutan katsuobushi direbus.

Hasil dari semua ini sangat luar biasa karena menghasilan suatu rasa yang biasa disebut umami oleh orang-orang Jepang. Umami adalah konsep foodie trendi sekarang, tapi sebenarnya cukup tua – dan aslinya berasal dari Jepang. Sebenarnya, dashi sendiri adalah sumber dari konsep umami ini.

Jual Katsuobushi Murah, Umami !

Anda mungkin pernah mendengar bahwa di dunia ini ada empat rasa yang utama, yaitu manis, asin, pahit, dan asam. Tapi secara umum diakui sekarang bahwa ada yang kelima yaitu umami, yang merupakan rasa yang gurih dan lezat. Salah satu alasan mengapa dashi telah menjadi pusat masakan Jepang adalah membantu memberikan rasa kaya semacam itu kepada masakan tanpa daging yang didasarkan pada kedelai, sayuran, dan ikan.

Sebenarnya umami pertama kali diidentifikasi pada tahun 1908 oleh seorang ilmuwan Jepang bernama Kikunae Ikeda yang sedang memikirkan mengapa dashi memiliki rasa yang lezat. Analisisnya mengidentifikasi komponen rumput laut kombu sehingga dia memutuskan untuk memanggil umami dari kata Jepang umai, “lezat.” (Ikeda membangun sebuah kerajaan bisnis pada pekerjaan itu: pada dasarnya dia telah menemukan MSG, yang dia jual dengan nama Ajinomoto, sekarang merupakan perusahaan makanan dan kimia raksasa.)

Kombinasi ramuan di dalam dashi, yaitu asam inosinat dalam katsuobushi dan asam glutamat di kombu, memiliki efek sinergis yang lebih dari dua kali lipat efek umami.

“Satu ditambah satu menjadi tiga atau lebih pada skala umami,” seperti yang dikatakan salah satu koki.

Namun, kualitas katsuobushi yang paling tinggi adalah lebih dari sekedar beberapa molekul. Ada variasi rasa yang halus, dengan perbedaan harga yang dihasilkan (seperti pada foto di atas) dan preferensi individu dan regional. Seharusnya banyak koki di restoran mewah Kyoto lebih suka apa yang disebut tipe Satsuma yang dibuat di Makurazaki di Prefektur Kagoshima. Dan individu memiliki preferensi individu juga – dashi yang rasanya seperti ibu membuatnya bisa menjadi masalah besar. Pada perjalanan pertamaku ke Jepang, seorang teman membawaku ke sebuah tempat udon dimana dia sangat senang dengan cita rasa dashi, sebuah kehalusan yang benar-benar hilang bagiku. Dan dia jelas tidak sendiri – itu bahkan sebuah trope yang bisa Anda temukan dalam fiksi, seperti dalam sebuah drama yang telah saya tulis di tempat lain, di mana pemilik sebuah restoran tua mengatakan bahwa dia harus ditutup jika pembuat katsuobushi tradisional mereka pergi. bisnis, karena makanan mereka tidak akan pernah sama tanpanya. Jual Katsuobushi Murah.

error: Content is protected !!